Saturday 26 September 2015

Kapal Selam

Berikut ini adalah sedikit pengetahuan tentang kapal selam:
SSN Astute

  1. Bagaimana membuang sampah yg ada didalam kapal selam ketika menyelam? Kapal2-kapal selam menyimpan sampah mereka yg non-biodegradable hingga selesai beroperasi dan dikeluarkan ketika mencapai pelabuhan. Sampah kemudian dibuang di fasilitas di darat. Saat ini, kapal selam Amerika mengurangi sampah yg dibuang di laut dengan membenahi cara mengepak barang. Kapal selam mempunyai sistim instalasi yg mengubah sampah makanan menjadi bubur biodegradable yg dapat dibuang di laut. Bahan-bahan dari plastik di kompres dan disimpan sampai kapal selam kembali ke pangkalan.
  2. Siapa yg melakukan tugas cuci pakaian di kapal selam? Pada kapal selam Amerika, terdapat area yg ditentukan untuk pencucian, umumnya terdapat satu mesin cuci dan satu mesin pengering. Cucian dilakukan per minggu oleh tiap bagian secara rotasi. Setiap bagian menunjuk seseorang untuk melakukan tugas mencuci setiap minggu. 
  3. Pakaian apa yg dipakai oleh awak kapal selam? Jika di pelabuhan, mereka menggunakan seragam angkatan laut biasa. Di laut, para awak menggunakan semacam baju montir yg disebut “poopy suits”. Pakaian ini sangat enak dipakai dan mengurangi jumlah pakaian yang harus dibawa para awak ketika berlayar. Para awak biasanya juga menggunakan sepatu keds atau sepatu yg dasarnya berbahan lunak, karena kesenyapan adalah inti dari penugasan di kapal selam. 
    “Poopy Suits
  4. Kenapa kapal selam dicat selalu berwarna hitam? Kapal selam berwarna hitam karena tidak mudah melihat benda berwarna hitam di laut. 
  5. Bahwa tidak ada awak kapal berjenis kelamin perempuan di kapal selam nuklir Amerika karena 2 hal, yaitu tidak ada tempat privacy sama sekali dan unntuk membuat 2 gender hidup bersama membutuhkan biaya yg besar. 
  6. USS Scorpion (SSN 589)
  7. Adakah kapal selam nuklir Amerika yg tenggelam? Ada dua buah yaitu: The USS Thresher (SSN 593) yg hilang pada tanggal 10 April 1963 selagi uji coba di laut dan USS Scorpion (SSN 589) yg hilang pada tanggal 27 Mei 1968 saat berlayar dari tugas di Laut Mediterrania.
    The USS Thresher (SSN 593)

No comments:

Post a Comment

SASR Pertama Yang Tewas di Indonesia

Tahukah kita kalau ada anggota SASR ( Special Air Service Regiment ) yg tewas pertama, bukan akibat perang atau ditembak TNI/ Sukwan? Ternya...