Monday 14 September 2015

Inilah Alasan Kenapa Swiss Tidak Pernah Dijajah


Salah 1 alasan kenapa Swiss tidak pernah diinvasi selama 800 tahun adalah Kewajiban semua Warga negara swiss untuk memiliki senjata berkualifikasi military grade (m-16, m-4, ak-101, gsg dll) di rumah mereka masing masing .


Bayangkan sebuah pemerintahan yang mewajibkan setiap Warga negaranya melatih diri dan mempunyai senjata militer, bahkan sejak berumur 10 tahun baik pria atau wanita sudah diperkenalkan pada senjata. Tak jarang sore hari ketika jam anak2 pulank sekolah, bisa ditemui seorang gadis menaiki sepeda menenteng sebuah senapan serbu sehabis latihan dari lapangan tembak dekat sekolahnya.

Ilustrasi Warga Swiss


Semua amunisi di swiss adalah Match grade, dibuat oleh seorang gunsmith dengan kepresisian tinggi untuk akurasi yang prima. sama seperti peluru match grade yang dipakai sniper. tidak ada peluru buatan pabrikan di swiss dan peluru disana lumayan mahal, oleh karena itu mayoritas pria dewasa di sana bisa membuat peluru sendiri




Ada sebuah cerita menarik.
Suatu ketika seorang perwira Jerman (dalam beberapa versi disebut kaiser) datang ke Swiss dan melihat latihan formasi swiss di musim panas. Dia kemudian bertanya ke Komandan Swiss, "Berapa orang yang kamu komandani?"

Komandan swiss menjawab, "Saya bisa memobilisasi 1 juta orang dalam 24 jam"
Si Jerman kemudia bertanya lagi, "Apa yang akan kamu lakukan kalo besok saya memobilisasi 5 juta orang ke sini?"
Dengan santai komandan swiss menjawab, "Saya akan menyuruh pasukan saya menembak 5 kali, lalu menyuruh mereka pulank ke rumah!"



Dalam beberapa hal mungkin semua warga negara swiss adalah milisi dan mereka latihan menembak rutin, sehingga mereka adalah penembak tepat yang cukup disegani.



Seorang panglima Prussia pada abad 19 pernah berkata, Pegunungan di sana (sambil nunjuk pegunungan di perbatasan dengan swiss) penuh sniper.

3 comments:

SASR Pertama Yang Tewas di Indonesia

Tahukah kita kalau ada anggota SASR ( Special Air Service Regiment ) yg tewas pertama, bukan akibat perang atau ditembak TNI/ Sukwan? Ternya...