Friday 23 November 2018

6 Perang Konyol

1. The Pig War
Yang pertama adalah The Pig War. Pig War disini bukan sejarah mengenai para babi yang sedang berperang antara sekawanan babi satu dengan yang lainnya dan bukan juga perang melawan flu babi atau swine flu. Tapi, peperangan ini terjadi karena dipicu oleh tertembaknya seekor babi. Pada tahun 1859 Amerika dan Inggris sedang berselisih merebutkan pulau San Juan yang ada di pulau VanCouver dan daratan Amerika Utara. Ketika mereka memperebutkan pulau itu tertembaklah seekor babi dan terjadilah peperangan. Tapi dalam perang itu tidak ada korban manusia, selain babi tersebut.

2. Emu War
Persis seperti pig war, perang ini melibatkan hewan. Tapi dalam perang kali ini bukan gara-gara burung mati lantas orang-orang berperang. Perang aneh ini terjadi tahun 1932 di Australia Barat. Pasukan Militer Australia dipimpin Mayor Meredith. Tercatat, para tentara menggunakan senapan mesin lewis dan menghabiskan 10.000 selongsongan peluru. Namun perang ini sia-sia karena burung-burung yang mereka tembaki ini berhasil melarikan diri. Dengan kecepatan sekitar 50 km/jam (30 mph), burung-burung ini sebagian besar berhasil menghindari tembakan para militer.

Namun begitu diperkirakan, ada sekitar 20.000 ekor burung terbunuh. Mayor Meredith, sang komandan, tercengang dengan hasil yang tak diharapkan itu. Menteri Pertahanan Australia lalu memerintahkan pasukan mundur dan menghentikan serangan. Emu War pun berakhir dengan kekalahan pihak Australia. Selamat ya para prajurit burung, kalean emang terdabest hahaha...

3. Moldovan-Transdniestrian War
Setelah jatuhnya Uni Soviet. Sebagian besar Negara Moldova ingin bergabung dengan Rumania, sedangkan sisanya ingin menjadi bagian dari rusia. Perang pun terjadi dan tidak dapat dihindari, bagian timur retak dan membentuk transdniestria, yang sampai sekarang belum diakui dunia. Lalu apa yang aneh dari perang ini, yang anehnya adalah ketika waktu siang mereka berperang, tapi ketika malam hari mereka berpesta, dan mabuk bersama. Perang ini terjadi selama 4 bulan dan menjatuhkan korban sebanyak 1.300 dari kedua belah pihak.


4. Oaken Bucket war
Perang ini terjadi pada tahun 1325, perang antara Modena dan Bologna pecah karena sebuah ember kayu. Segerombolan tentara Modena menggerebek bologna dan mencuri sebuah ember, dimana hal tersebut menyebabkan kemarahan di antara tentara Bologna dan terjadilah perang.
Ember Yang Diperebutkan


5. Uruguay war
Presiden Paraguay saat itu, Francisco Solano Lopez adalah seorang pengagum Napoleon, tetapi ia tak mempunyai perang sendiri untuk diperangi alias negaranya itu aman guys. Tpi karena ia adalah seorang pengagum Napoleon dirinya ingin membuktikan bahwa dirinya itu bisa seperti Napoleon. Makanya dia memutuskan untuk menyatakan perang terhadap Argentina, Brazil, dan Uruguay. Gara gara itu, Paraguay hampir hancur setelahnya. 
Francisco Solano Lopez


6 . The Marcopolo Bridge Incident
Pada tanggal 7 juli 1937 sekitar jam 11 malam, pasukan jepang memulai latihan-latihan yang tidak diumumkan yang membuat pasukan Cina di Wanping berjaga-jaga bahkan mengakibatkan mereka menembakkan beberapa tembakan kearah Jepang. Ketika latihan selesai dan Jepang melakukan absen kepada para prajuritnya, 1 tentara prajurit Shimura Kikujiro hilang
Shimura Kikujiro

Segera orang Jepang menuntut pencarian di  Wanping untuk menemukan dia, dan menuduh orang Cina menculik orang itu, dan terjadilah peperangan. Singkat cerita pada tahun 2013, National Diet Library of Japan merilis untuk pertama kalinya file mereka tentang apa yang terjadi pada Private Kikujiro hari itu. Sebelum pasukan Jepang bahkan mencapai Wanping, prajurit Kikujiro sebenarnya telah kembali ke garnisun yang dilaporkan hilang. Lah kok, emang tadinya darimana sampai-sampai dinyatakan hilang/ diculik?. Ternyata sebenernya si kikujiro telah menyelinap selama latihan latihan untuk istirahat di kamar mandi. 

No comments:

Post a Comment

SASR Pertama Yang Tewas di Indonesia

Tahukah kita kalau ada anggota SASR ( Special Air Service Regiment ) yg tewas pertama, bukan akibat perang atau ditembak TNI/ Sukwan? Ternya...