Monday 14 September 2015

Hubungan Menarik antara Bubuk Mesiu dan Kotoran Binatang


Kita semua tahu bahwa serbuk mesiu (gunpowder) pertama kali berasal dari Tiongkok. Bahkan kanon pun juga. Tapi justru militer Eropa yang menjadi lebih maju dalam penggunaan mesiu secara besar-besaran untuk peperangan dan bukan Tiongkok. 
Ilustrasi Canon

Tahukah anda bahwa sebagian ahli sejarah menuding salah satu penyebabnya adalah tahi (kotoran) binatang?



Salah satu bahan dasar mesiu adalah kalium nitrat (potassium nitrate/ KNO3saltpeter) yang juga merupakan salah satu komponen pupuk. Sekarang industri kimia dapat memproduksinya dalam skala besar dengan harga terjangkau. Tapi di jaman dahulu secara tradisional kalium nitrat dapat diperoleh melalui pemrosesan sederhana dari tahi binatang. 
Kalium Nitrat

Di jaman pertengahan, Eropa memiliki jumlah binatang ternak yang lebih besar dari pada Tiongkok. Tahi binatang otomatis lebih berlimpah, kalium nitrat juga menjadi lebih banyak dan lebih murah. Akibatnya mesiu buatan Eropa umumnya memiliki kalium nitrat yang lebih banyak dan menjadi lebih dahsyat dari pada mesiu Tiongkok. 
Bubuk Mesiu

Mesiu yang kuat menjadi sangat menarik bagi militer dan membantu membuka jalan untuk inovasi-inovasi persenjataan bermesiu lebih lanjut dan penggunaannya secara besar-besaran di Eropa.

No comments:

Post a Comment

SASR Pertama Yang Tewas di Indonesia

Tahukah kita kalau ada anggota SASR ( Special Air Service Regiment ) yg tewas pertama, bukan akibat perang atau ditembak TNI/ Sukwan? Ternya...