Monday 14 September 2015

Beberapa Fakta Unik Korea Utara dan Korea Selatan


  1. Bahwa gencatan senjata Perang Korea terjadi di tahun 1953 tetapi hingga saat ini tidak ada kelanjutannya, sehingga statusnya masih dalam status keadaan perang. 
  2. Bahwa Korea Utara dan Korea Selatan dipisahkan oleh garis DMZ dan karena masih dalam keadaan perang maka kondisi pasukan kedua belah pihak di DMZ selalu dalam kondisi siaga 1 (full alert).
    Peta DMZ
  3. Bahwa gelar pasukan disekitar DMZ Korea terdapat sejumlah 2 juta prajurit (1 juta prajurit Korea Utara, 600 ribu prajurit Korea Selatan 37 ribu prajurit Amerika)
  4. Bahwa Bufferzone (tanah tak bertuan) mempunyai lebar 4km, kedua belah pihak boleh berpatroli di dalam area DMZ tapi tidak boleh melewati garis demarkasi militer (MDL).
    Penampakan Perbatasan Langsung
  5. Dikarenakan dianggap tanah tak bertuan maka area digaris DMZ dihuni oleh hewan2 langka korea seperti harimau korea, dan juga tumbuh2an langka (padahal ada banyak ranjau).
  6. Bahwa kota tempat pertemuan Korut dan Korsel terletak di kota Panmunjeom. 
    Letak Kota Panmunjeom
  7. Bahwa rumah yg digunakan sebagai tempat pertemuan juga dibagi dua lewat MDL, begitu pula dengan meja tempat berunding/ bertatap muka diberi garis tengah tepat dengan garis MDL.
    Penampakan Ruangan
  8. Bahwa Pasukan Korea Utara yg bertugas di Panmunjeom selalu melakukan posisi berhadap hadapan satu dengan yg lain, dikarenakan pernah terjadi seorang tamu Korea Utara yg berasal dari Rusia berlari kearah pihak Korea Selatan untuk minta suaka politik, maka sejak kejadian tsb, prajurit Korea Utara berhadap hadapan satu sama lain untuk mencegah tindakan tsb terjadi lagi 
    Penjagaan
  9. Bahwa terdapat lapangan golf di sisi Korea Selatan dekat DMZ sebagai salah satu hiburan untuk prajurit Amerika dan Korsel, dan bila bola golf keluar dari daerah golf course, dan ada yg hendak mencari bola golf miliknya maka terpampang tulisan “DILARANG MELEWATI BATAS GOLF COURSE, BAHAYA RANJAU”.
    Lapangan Golf

12 comments:

  1. korea utara dan selatan seperti indonesia dan malaysia yang dengan hal sepele bisa jadi ribut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe, iya gan. Namanya juga saudaraan. Benci bilang cinta

      Delete
  2. no 9 unik tu h :D hehehe..makasih gan

    ReplyDelete
  3. Makasih gan, izin bookmark dulu ya, buat lanjut baca nanti

    ReplyDelete
  4. korea emang selalu mengegerkan dunia, baik selatan maupun utara :v salut dah,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan. Satunya dengan nuklir dan lainya dengan musik. Terima kasib atas kunjunganya

      Delete
  5. Thank Gan, Buat tugas skolah nihgh

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. Terima kasih juragan atas kunjunganya. Semoga sukses buat kita semua.

      Delete

SASR Pertama Yang Tewas di Indonesia

Tahukah kita kalau ada anggota SASR ( Special Air Service Regiment ) yg tewas pertama, bukan akibat perang atau ditembak TNI/ Sukwan? Ternya...