Tuesday 6 October 2015

Pembajakan Pesawat Pertama Kali Di Indonesia


Bahwa pembajakan pesawat udara pertama kali terjadi di Indonesia adalah pada 4 April 1972. Pesawat yg dibajak adalah milik Merpati Nusantara Airlines 613 jenis Vickers Viscount dari Surabaya ke Jakarta oleh seorang pembajak bernama Hermawan.
Vickers Viscount Merpati Nusantara
Pembajak memaksa pilot mendarat di bandara Adisucipto, Yogyakarta dan menuntut uang Rp 50 juta, dan dengan negosiasi bisa menurunkan tuntutan menjadi Rp 5 juta.


Pilot Kapten Hindiarto berhasil mendapatkan revolver dari dari jendela kokpit dari seorang polisi yang jeli dengan melihat tangan ditaruh diluar jendela kokpit dan kemudian berhasil menembak mati pembajak.



Akibat kasus ini, pihak Mabes ABRI di tahun 1972 bermaksud membentuk satuan penanggulangan terror yang menjadi cikal bakal Den-81 Kopassandha selanjut nya kini menjadi Sat Gultor Kopassus.

2 comments:

  1. tahunya sudah lama saya gk tau kejadian nya lebih detailnya soalnya belum ada ane

    ReplyDelete
  2. Saya berusia 6 tahun saat itu dan adik saya 5 tahun. Dan merupakan dua anak kecil yang berada dalam pesawat tersebut. Masih teringat, dilempar oleh Ibu dari pintu belakang dan ditangkap oleh perugas labdasan.

    ReplyDelete

SASR Pertama Yang Tewas di Indonesia

Tahukah kita kalau ada anggota SASR ( Special Air Service Regiment ) yg tewas pertama, bukan akibat perang atau ditembak TNI/ Sukwan? Ternya...