Friday 2 October 2015

Asal Muasal Kursi Lontar Pesawat

Kursi Lontar Pesawat

Desain kursi pelontar pertama di kembangkan di Jerman, yang mana dipasang pertama kalinya di pesawat tempur He-219 Night fighter tahun 1943. Disain ini menggunakan udara bertekanan tinggi untuk melontarkan kursi keluar pesawat. 
He-219 Night fighter

Setahun kemudian, pelontar dengan tenaga roket di pasangkan di pesawat tempur He-162. Ketika perang berakhir, semua pesawat bermesin jet Jerman dilengkapi dengan kursi pelontar bertenaga roket dan perusahaan Inggris Martin-Baker yang mengambil alih dan membuat disain yg dengan cepat mengisi kebutuhan hampir semua angkatan udara negara-negara Barat.
He-162 Salamander

Angkatan udara Amerika menginginkan sistim pelontar buatan Amerika sendiri, tetapi angkatan laut Amerika tetap memakai buatan Martin-Baker, karena pelontar buatan Amerika tidak berfungsi dengan baik pada ketinggian sangat rendah (dimana kebanyakan pilot angkatan laut harus "eject" ketika bertugas di kapal-kapal induk).

Martin-Baker menyuplai dua pertiga kursi pelontar pesawat-pesawat tempur negara-negara Barat. Rusia memproduksi sendiri kursi pelontar mereka. Lebih dari 10.000 awak udara berhasil menggunakan kursi lontar sejak Perang Dunia II.

No comments:

Post a Comment

SASR Pertama Yang Tewas di Indonesia

Tahukah kita kalau ada anggota SASR ( Special Air Service Regiment ) yg tewas pertama, bukan akibat perang atau ditembak TNI/ Sukwan? Ternya...