Saturday 12 September 2015

Tim Blue Angels dan Tim Thunderbirds



Inilah beberapa fakta tentang tim aerobatik Amerika Blue Angels dan The Thunderbirds:
  1. Rata-rata sekitar 15.000.000 (lima belas juta) orang menyaksikan pertunjukan tim aerobatik angkatan laut Amerika Blue Angels setiap tahun atau bisa dibiang 50.000 (lima puluh ribu) setiap tahun. 
    The Thunderbirds
  2. Tim Blue Angels dan Tim Thunderbirds dilarang melakukan demonstrasi ditempat yg sama karena menurut aturan Kementerian Pertahanan Amerika, mereka berdua adalah alat perekrutan.
    Blue Angels
  3. Tim Blue Angels milik AL AS dan Tim Thunderbirds milik AU AS. 
  4. Kedua Tim dapat melakukan demonstrasi show pada dua tempat berbeda dengan minimum jarak 150 mil. 
  5. Untuk menjadi pilot Tim Blue Angels diperlukan minimum flight hours sebanyak 1.250 jam. dan 1.300 jam untuk pilot Tim Thunderbirds.
  6. Penentuan jadwal untuk show Tim Blue Angels dilakukan bulan September, pertama diseleksi oleh Departemen Pertahanan, kemudian hasilnya diberikan kepada Komandan Tim Blue Angels dengan mempertimbangkan juga masukan dari Pusat Rekrutmen Angkatan Laut Amerika. 
  7. Pada bulan Desember Koordinator Events Tim Blue Angels melakukan rapat dengan petinggi Angkatan Laut Amerika dan Departemen Pertahanan di Washington untuk keputusan final pertunjukan tim Blue Angels selama 1 tahun kedepan. 
  8. Bila salah satu pilot Blue Angel mendadak sakit atau cidera maka show akan diteruskan tanpa pilot yg berhalangan. Dan demonstrasi pesawat dibatalkan hanya bila Flight Leader/ Commanding Officer yg berhalangan. 
  9. Tim Blue Angels tidak mempunyai pilot cadangan karena pilot cadangan tidak akan dapat memenuhi syarat jumlah jam terbang latihan yg harus dilakukan bersama Tim. 
  10. Setiap pilot harus menyelesaikan 120 jam terbang selama latihan musim dingin untuk dapat bertugas secara aman berdemonstrasi. 
  11. Pilot cadangan tidak akan mempunyai cukup jam terbang untuk dapat mengikuti alur formasi selama demonstrasi tour selama 1 tahun. 
  12. Para pilot tim Blue Angels tidak memakai peralatan G-suit selama show. Hal ini dapat dilakukan karena para pilot sudah mengetahui apa yg akan terjadi dengan pesawat mereka sebelum eksekusi dilakukan, sehingga mereka dapat melawan tekanan G, tidak seperti ketika mereka terbang dalam keadaan bertempur. 
    G-Suit
  13. Umur rata2 pilot Blue Angels adalah 33 tahun sedangkan umur rata-rata awak pendukung Blue Angels adalah 26 tahun.
  14. Tim Blue Angels mendapat gaji dan tunjangan sama seperti para prajurit Angkatan Laut Amerika umumnya dan dengan menjadi anggota Tim Blue Angels mereka tetap tidak mendapat bonus tambahan. 
  15. Menjadi anggota tim Blue Angels adalah suatu kehormatan karena tidak mudah untuk dapat masuk kedalam tim elit ini. 
  16. Manuver paling tinggi dalam show tim Blue Angels adalah 15 000 kaki, manuver paling rendah dalam shot tim Blue Angels adalah 50 kaki, kecepatan paling tinggi dalam show tim Blue Angels adalah 700 mil/jam dan kecepatan paling rendah dalam show tim Blue Anges adalah 120 mil/jam. 
  17. Setiap pesawat F/A-18 Blue Angels dapat dirubah menjadi pesawat siap tempur hanya dalam waktu 72 jam.

1 comment:

SASR Pertama Yang Tewas di Indonesia

Tahukah kita kalau ada anggota SASR ( Special Air Service Regiment ) yg tewas pertama, bukan akibat perang atau ditembak TNI/ Sukwan? Ternya...