Saturday 12 September 2015

Sejarah Bom Bunuh Diri


Berikut ini adalah beberapa sejarah cerita tentang bom bunih diri:
  1. Sejarah Bom bunuh diri bisa dirunut kebelakang saat perang salib, Pasukan Templar meledakkan salah satu kapalnya sendiri bersama 140 tentara kristen dalam usahanya untuk membunuh tentara Islam.
    Pasukan Templar
  2. Bom bunuh diri juga pernah dilakukan saat terjadinya Revolusi Belgia dimana Dutch Lieutenant Jan van Speijk meledakkan kapalnya sendiri dipelabuhan Antwerp untuk menghindari penangkapan oleh tentara Belgia.
    Dutch Lieutenant Jan van Speijk
  3. Bom bunuh diri sebagai alat politik pertama kali dilakukan pada pembunuhan Czar Alexander II dari Russia pada tahun 1881. Saat berkendara melalui pusat kota St. Petersburg dia diserang dengan menggunakan granat buatan tangan oleh Pole Ignacy Hryniewiecki. Czar Alexander II mati setelah beberapa jam dirawat sementara Hryniewiecki mati ditempat kejadian.
    Pole Ignacy Hryniewiecki
  4. Pada Perang Dunia ke-2 pilot pembom Jepang terkenal dengan aksi bunuh dirinya yaitu Kamikaze.
    Kamikaze
  5. Selepas Perang Dunia ke-2 bom bunuh diri pertama kali tercatat dilakukan oleh remaja Iran yg berusia 13 tahun yaitu Hossein Fahmideh yg meledakkan dirinya saat berlari menyongsong Tank Iraq, pada perang Iran Irak 1980.
    Hossein Fahmideh
  6. Lebanon tercatat beberapa kali melakukan bomb bunuh diri. IDP melakukan serangan bom mobil di kedutaan Iraq di Beirut. Peledakan kedutaan Amerika oleh Hizbollah. Dan peledakan markas tentara Amerika dan Perancis pada Oktober 1983. Serangan-serangan ini memicu perhatian Internasional.
    Hizbollah
  7. Wanita pertama yg melakukan serangan bom bunuh diri dipercaya pertama kali dilakukan pada 1986 oleh sayap militer yang ada di Libanon.
    Ilustrasi Tentara Wanita
  8. Hezbollah merupakan satu-satunya faksi yg membawa metode bom bunuh diri hingga keluar wilayahnya. Mereka bertanggung jawab terhadap peledakan gedung keduataan Israel di Argentina. Tapi seiring makin menguatnya gerakan mereka, taktik bom bunuh diri ini kemudian ditinggalkan.
  9. IRA juga pernah menerapkan metode ini selama kurun waktu 1969 - 1997. Walo namanya bom bunuh diri, tapi metode yang mereka gunakan sedikit berbeda. Metode yang mereka namakan proxy bomb ini menggunakan orang-orang yg secara terpaksa melakukankannya, kebanyakan adalah orang-orang yang mereka culik dari fraksi yang berlawanan dengan mereka. 
  10. Seperti contoh yang menjadi kecaman adalah pada kasus pemboman pos pengawasan Tentara Inggris di Derry pada tahun 1990. Sang pembom merupakan penganut Katolik yg sebelumnya di culik oleh PIRA (The Provisional Irish Republican Army) dan menyandera anggota keluarganya, kemudian dipaksa untuk mengemudikan mobil yang sudah dipasang peledak. Pembom dan lima tentara Inggris tewas dalam ledakan ini. Praktek ini kemudian dihentikan setelah mendapat berbagai penolakan dari warga Irlandia sendiri.
    PIRA (The Provisional Irish Republican Army)
  11. Sejak tahun 1993 praktek bom bunuh diri makin meluas dan menjadi momok yang paling ditakuti khususnya di wilayah Timur tengah. Grup-grup Perjuangan Palestina seperti Hamas, Islamic Jihad, and the Al-Aqsa Martyrs Brigade merupakan faksi-faksi yang paling sering menggunakan metode ini. Pembomb sering juga disebut dengan "suicide belts" dikarenakan peledak yg diikatkan dibadan menyerupai ikat pinggang.
    suicide belts
  12. Untuk memaksimalkan jumlah korban, peledak ini biasanya meledakkan dirinya ditempat keramaian pada jam-jam sibuk,seperti kafe atau bus atau target-target personal militer.

1 comment:

SASR Pertama Yang Tewas di Indonesia

Tahukah kita kalau ada anggota SASR ( Special Air Service Regiment ) yg tewas pertama, bukan akibat perang atau ditembak TNI/ Sukwan? Ternya...